Mengenal Mutiara

mengenal mutiara
Mutiara berada di dalam kelompok batu permata yang paling abadi, klasik dan dihargai. Sepanjang sejarah, batu mulia ini diasosiasikan dengan kebijaksanaan, kesejahteraan, kemurnian, romantisme, dan misteri.

Mutiara adalah sejenis batu permata dalam berbagai bentuk, hasil biomineralisasi kerang dan siput anggota moluska. Mutiara alami terbentuk karena iritasi yang disebabkan oleh sesuatu yang asing yang masuk ke dalam kerang. Mekanisme pertahanan diri akibat gangguan iritasi ini menghasilkan nacre yang terkomposisi sebagian besar dari kalsium karbonat.
Walau semua kerang dan siput dianggap dapat menghasilkan mutiara, namun tidak seluruhnya menghasilkan mutiara dengan kualitas yang dapat diterima sebagai perhiasan.


Bentuk
Ada bentuk mutiara bulat, tear drops, keshi (seperti kancing), biwa (gepeng) dan barok (tidak beraturan). Mutiara bentuk bulat bernilai lebih tinggi.

Warna
Paling mahal adalah mutiara kristal swarovski atau mutiara swarovski berwarna hitam dari laut tahiti. Lainnya adalah mutiara kristal swarovski atau mutiara swarovski berwarna natural seperti putih, coklat dan peach.

Kilau
Semakin berkilau semakin tinggi daya jualnya di toko aksesoris dan toko mutiara. Kilau ini sudah ada sejak awal pembentukannya karena tergantung kualitas mineral yang membentuknya sehingga harga jual di toko aksesoris dan toko mutiara akan semakin tinggi.

Ukuran dan berat
Aksesoris wanita atau aksesoris mutiara yang berat mempunyai lebih banyak lapisan nacre yang membuat kilau mutiara bertahan lebih lama.


Cara membedakan mutiara asli dan imitasi

1. Pembuatan
Mutiara dibudidayakan di air tawar atau air laut, mutiara imitasi dibuat di pabrik

2. Bentuk
Mutiara air tawar atau air laut berbentuk bakpao, lonjong, bulat, tapi bentuknya tidak identik semua, mutiara imitasi berbentuk bulat, bentuknya identik semua, dan sangat sempurna bentuknya

3. Warna
Mutiara
air tawar atau air laut berwarna putih, hitam, peach, lavender, sedangkan mutiara imitasi berwarna sama dengan mutiara air tawar atau air laut, bahkan warnanya lebih beragam dan sangat cemerlang

4. Berat
Mutiara air tawar
atau air laut berat dan besarnya seimbang (seperti batu kerikil), mutiara imitasi besar dan beratnya tidak sesuai (ringan).

5. Bila digigit
Mutiara asli terasa seperti pasir tetapi tidak mudah tergores, mutiara imitasi terasa licin dan mudah terkelupas

6. Bila dibakar
Mutiara asli tidak mudah terbakar, mutiara imitasi sangat mudah terbakar


Cara merawat mutiara

1. Usahakan jangan terkena sabun/detergen
2. Cegah mutiara agar tidak sering kena keringat, tetapi apabila sering dipakai dan sering terkena keringat, usahakan sesering mungkin membersihkannya
3. Hindarkan dari Lotion dan sejenisnya
4. Usahakan anda selesai memakai bedak, make up atau lotion terlebih dahulu baru mengenakan aksesoris mutiara
5. Simpan mutiara dalam keadaan kering (sebelum disimpan dilap dulu dengan menggunakan tissue atau kain lembut)
6. Jangan simpan aksesoris mutiara di tempat yang mudah lembab seperti plastik dan sebagainya, karena akan membuat mutiara menjadi kusam.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger