Teknik Kerajinan Perak

Banyak orang berpikir bahwa kita bisa memesan kepada tukang perak untuk membuat perhiasan yang kita inginkan. Padahal harus diketahui apakah produk tersebut dibuat dengan tangan atau mesin karena ada beberapa produk yang jauh lebih mudah dan efektif jika dibuat dengan menggunakan mesin ataupun dicetak. Dengan mengetahui klasifikasi produk kerajinan perak berdasarkan tehnik pembuatannya maka akan sangat membantu kita ketika ingin memesan atau membuat suatu perhiasan perak.

Berikut jenis-jenis kerajinan perak berdasarkan cara pembuatan.

* Perak buatan tangan (Handmade)
* Perak buatan mesin (Machinery)
* Perak cetakan (Casting)


1. Perak Buatan Tangan/Handmade

Kerajinan perak ini murni dibuat dengan tangan, tanpa mengandalkan mesin. Dari proses awal hingga akhir dikerjakan dengan tangan. Kerajinan inilah yang merupakan cikal bakal industri perak tradisional dan bahkan sampai sekarangpun kerajinan perak ini masih didominasi kerajinan buatan tangan (handmade). Sebenarnya perak handmade ini berdasarkan materialnya masih bisa diklasifikasikan menjadi 2 macam yaitu:

* Filigree
* Solid Silver

filigreea. Perak Filigree atau yang sering dikenal dengan istilah perak Trap adalah jenis kerajinan perak yang bermaterial benang/kawat perak yang sangat lembut yang dipilin dan dipres/dibuat plat. Benang-benang perak inilah yang digunakan untuk membuat motif atau dekorasi kerajinan perak.
Sampai sekarang perak filigree masih mempunyai tempat di hati penggemar perak karena jenis kerajinan inilah yang sampai sekarang belum bisa digantikan oleh mesin. Dengan kata lain kerajinan perak filigree inilah kerajinan perak yang benar-benar handmade (buatan tangan).

solid silver
b. Solid Silver. Kerajinan perak ini berbahan utama perak lempengan/lembaran perak. Material ini lebih fleksibel untuk dibentuk atau digunakan membuat kerajinan perak.


casting2. Perak Cetakan/Casting

Akhir-akhir ini perak cetakan sering dijadikan alternatif produksi kerajinan perak. Terutama untuk permintaan produk dengan kuantitas besar dan waktu yang terbatas.

Sebenarnya sistem pembuatan perak cetak/casting ini ada beberapa tehnik. Dari yang menggunakan peralatan sederhana sampai penggunaan mesin casting sentrifugal yang lumayan mahal harganya. Dan biasanya produk perhiasan yang ada di pasaran dibuat dengan mesin casting sentrifugal.

Secara umum cetakan di sini berarti prosesnya diawali dengan pencairan logam perak dan tembaga yang kemudian dituang ke cetakan yang telah disiapkan sebelumnya sesuai bentuk yang dinginkan. Sekali proses pencetakan dilakukan dengan mesin casting sentrifugal bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan produk perak. Keuntungan dari sistem pembuatan cetak adalah penghematan waktu dan model yang dibuat bisa sama semua. Meskipun begitu proses akhir (finishing) dari proses perak cetakan ini masih menggunakan tangan di antaranya, pengikiran dan pengamplasan bekas-bekas cetakan yang kurang rapi. Kendala utama dari produksi sistem cetak ini adalah harga mesin cetak yang mahal. Di Indonesia sendiri belum banyak pengusaha yang memiliki mesin casting sendiri. Berikut beberapa contoh produk perak cetakan.

perak mesin3. Perak buatan Mesin/Machinery

Kerajinan perak dengan sistem produksi mesin juga merupakan sistem produksi massal seperti casting. Hanya saja di sini digunakan mesin sebagai ganti mesin casting.

Produk-produk yang dibuat dengan mesin biasanya adalah kalung dan gelang rantai. Sama halnya dengan mesin casting, mesin pembuat perhiasan ini harganya juga cukup mahal. Di Indonesia kerajinan perak yang dibuat dengan mesin banyak berasal dari Jawa Timur.

Satu hal lagi yang banyak dilupakan orang ketika membuat desain untuk dipesan kepada tukang. Beberapa desainer banyak membuat desain perhiasan tanpa memikirkan konstruksinya akibatnya pada saat proses produksi ada beberapa hal yang harus disesuaikan karena harus berkompromi dengan keterbatasan konstruksi. Dengan adanya kompromi ini maka desain yang ada tidak dapat direalisir sesuai gambar sehingga ada ketidakpuasan dari pemesan.

Untuk itu ada baiknya ketika kita membuat desain perhiasan maka kita pikirkan juga konstruksi atau teknis pembuatannya. Sama saja dengan arsitek yang membuat desain sebuah bangunan yang bahkan membuat perhitungan teknis material dan pembuatansecara detil. Tentu saja seorang desainer perhiasan tidak harus melakukan sama persis dengan yang dilakukan seorang arsitek tetapi minimal ada pertimbangan teknis pengerjaan dalam proses pembuatan desain.



Diambil dari: Studio 76 House of Art

Related Posts by Categories



4 comments:

Silver said...

Untuk info mengenai kerajinan perak bisa berkunjung ke toko kami di www.perakjogja.com

vicky said...

mesin sentrifugal dapat dibeli dmn ya kira2 harganya berapa ya ?

Gharnya said...

@Silver: salam hangat dari Bali untuk Jogja.

Yudi Romanda said...

Kami rizky jaya casting menjual mesin casting komplit dg printer 3D dg harga miring silahkan hub di no 087772355104/ 081315306146 jkrt

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger