Opal, Gabungan Keindahan Semua Permata


Opal merupakan batu permata lain daripada yang lain. Batu mulia ini memiliki sifat optik yang sangat unik. Opal mulia (precious opal) ini menampilkan warna pelangi (perubahan warna sesuai sudut pengamatan) dalam bentuk cabochon bulat. Pada tahun 1960-an, oleh sebuah tim ilmuwan Australia Opal dianalisis dengan mikroskop elektron dan menemukan penyebab unik sifat optiknya. Ditemukan bulatan kecil dari bahan silika gel di dalamnya yang menyebabkan terjadinya interferensi warna dan pembiasan, sesuatu yang paling bertanggung jawab atas karakter fantastis warna. Bulatan, yang disusun oleh lebih atau kurang struktur kompak, memotong cahaya yang melaluinya.

Opal menurut definisinya adalah silikon dioksida terhidrasi yang berisikan tiga hingga tiga puluh persen air. Karakteristik kelembutan relatifnya berada pada peringkat 5,5-6,5, yang berarti batu ini harus mendapatkan perawatan khusus.

Opal adalah batu kelahiran bagi mereka yang lahir di bulan Oktober.

Warna Opal

Beberapa warna batu Opal diantaranya adalah warna putih, tidak berwarna, kuning pucat, pucat merah, dan abu-abu atau hitam. Difraksi dapat menyebabkannya memancarkan semua warna pelangi. Cahaya memasuki batu opal, dibelokkan di sekitar tepi oleh partikel-partikel silika terhidrasi maupun "chip" silikon dan oksigen yang tersuspensi pada air di dalamnya, yang apabila terdifraksi, cahaya yang terdiri dari semua warna dengan panjang gelombang masing-masing akan menghasilkan warna yang berbeda-beda.

Opal Mulia (Precious Opal) menampilkan warna pelangi sebagaimana perubahan sudut pengamatan, dan akan semakin jelas dalam bentuk terpotong bulat.

Opal Hitam (Black Opal), adalah opal berharga dengan warna tubuh hitam.

Opal Semi Hitam (Semi Black Opal) atau Opal Abu-Abu, opal berharga dengan warna tubuh gelap.

Opal Putih (White Opal), opal berharga dengan warna putih atau warna terang.

Opal Kristal (Crystal Opal), opal transparan hingga semitransparan dengan tubuh yang tak berwarna namun mengalami efek permainan warna.

Opal Hitam Kristal (Black Crystal Opal), opal transparan hingga semitransparan dengan warna tubuh gelap dan mengalami efek permainan warna.

Opal Api (Fire Opal), opal transparan hingga semitransparan dengan warna tubuh kuning, oranye, atau merah yang sesekali mengalami permainan warna. Juga disebut Mexican Opal atau Sun Opal.

Harlequin Opal, transparan hingga tembus cahaya, opal berharga dengan mosaik yang efektif sebagaimana pola warna. Sangat diperhitungkan diantara batu opal yang paling dicari.

Jelly Opal, abu-abu kebiruan, opal berharga dengan sedikit permainan warna.

Boulder Opal, merupakan batu yang sangat gelap mirip dengan Opal Hitam, dapat dipakai membuat api. Terjadi secara alami yang menyebabkan nilainya tinggi.

Common Opal, juga disebut potch, adalah opal yang buram, jarang tembus dan tidak menunjukkan permainan warna.

Opal Agate, adalah batu Agate (akik) dengan lapisan opal yang terang dan gelap.

Angel Skin Opal, sebuah nama untuk palygorskite, silikat mineral buram berwarna keputihan hingga merah muda.

Girasol, opal transparan kebiruan, hampir tak berwarna

Opal Madu (Honey Opal), opal berwarna kuning-madu tembus cahaya.

Hyalite, opal kaca atau batu air, tidak berwarna, opal jernih dengan kemilau yang sangat kuat.

Hydrophane, opal susu yang telah berubah keruh akibat kehilangan air. Melalui penyerapan air, opal ini bisa kembali tembus cahaya dan mengalami permainan warna.

Opal Porselen (Porcelaine Opal), opal putih susu buram.

Prase opal, opal apel hijau.

Moss opal, opal susu dengan dendrit.

Wax Opal, opal kuning-cokelat dengan kilau laksana lilin.

Opal Kayu (Wood Opal), opal kekuningan atau kecoklatan sebagaimana kayu yang telah menjadi fosil.


Membeli dan Memelihara Opal

Permainan warna, warna tubuh dan transparansi adalah kriteria yang menentukan harga opal yang berharga.

Opal adalah batu permata yang halus. Kelemahan mereka yang terutama adalah berkaitan dengan kadar air. Jika opal menjadi kering, akan mudah retak dan memudar. Jika kita tinggal di iklim yang sangat kering, atau menyimpannya dalam ruangan yang tidak lembab, beberapa tindakan pencegahan diperlukan, yaitu menjaganya dalam kantong plastik ketat dengan sepotong kapas basah atau kain yang berfungsi mencegah dehidrasi. Karena kadar air mereka pula, opal sangat sensitif terhadap perubahan suhu mendadak.

Karena lembut, opal akan tergores dengan mudah. Sadarilah bahwa komponen debu biasa adalah kuarsa di kekerasan 7 skala Mohs, sehingga pada kekerasan 5,5-6, cukup menyeka debu saja kemilau batu opal akan berkurang secara bertahap. Solusinya adalah untuk membersihkan opal Anda harus menggunakan kain yang lembut tanpa debu.

Opal sering diresapi dengan minyak, lilin, atau plastik.

Opal paling cocok untuk anting-anting, bros, dan liontin.


Warna

Permainan warna dan saturasi warna tubuh menandai perbedaan.


Tata Cahaya

Penampakan opal terbaik adalah di siang hari (setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam), yang akan memperlihatkan permainan warna yang luar biasa.


Potongan


Kebanyakan dipotong bulat atau cabochon.
Opal Api bermutu baik biasanya adalah yang di-facetted (iris-iris persegi banyak).


Penambangan Opal

Deposit opal yang paling terkenal terletak di Australia. Sekitar 95 persen dari pasokan Opal Putih dunia berharga ditambang di sana. Deposit di negara bagian New South Wales diantaranya adalah Lightning Ridge dan White Cliffs,sedangkan di South Australia adalah Coober Peddy dan Andamooka. Berbagai deposit juga ditemukan di Queensland.

Deposit lain ditemukan di Brazil, Guatemala, Honduras, Indonesia, Jepang, Meksiko, Rusia dan Amerika Serikat (Idaho dan Nevada).


Opal terkenal di dunia

"Big Ben", Precious Opal Putih seberat lebih dari 800 gram atau 4.000 karat, ditemukan di Lightning Ridge.

"Sinar Dunia", Precious Opal Putih seberat 40 gram atau 2.250 karat, ditemukan di Australia juga, dianggap sebagai Precious Opal yang paling putih sepanjang masa.

"Desert Andamooka Flame", dengan berat 6.843 kilogram, merupakan opal terbesar yang pernah dibawa ke cahaya siang hari.


Opal Gemology

Spesies: Opal
Warna: Semua warna, sebagian bermain warna
Komposisi kimia: SiO2. NH2O hydrous silikon dioksida
Sistem kristal: amorf; ginjal-atau agregat berbentuk anggur
Hardness: 5.5-6.5 (skala Mohs)
Spesifik gravitasi: 1,98-2,50
Indeks bias: 1,37-1,52
Bias ganda: Tidak ada
Karakter Optik:
Lapisan warna: Putih,
Penyerapan spektrum: Fire opal: 700 - 640, 590-400
Fluorescence: White opal: putih, kebiruan, kecoklatan, kehijauan; Fire opal: kehijauan menjadi cokelat


Zodiak, Mitos & Legenda

Nama Opal mungkin berasal dari bahasa Sansekerta "upala", yang berarti "batu berharga". Kemungkinan besar pula merupakan akar dari istilah Yunani "opallios", yang diterjemahkan sebagai "perubahan warna". Pada zaman Romawi kuno terdapat "opalus", yaitu "batu dari beberapa elemen".

Pliny, penulis Romawi terkenal, menyebut Opal sebagai permata yang menggabungkan karakteristik terbaik dan terindah dari semua batu permata: percikan halus Almandine, ungu yang bersinar dari Amethyst, emas Topaz Kuning, dan biru dari Sapphire, sehingga semua warna bersinar dan berkilau bersama dalam kombinasi yang indah.

Untuk orang usia lanjut, mereka percaya pada kekuatan penyembuhan Opal. Batu ini dilaporkan dapat memecahkan depresi dan membantu pemakainya menemukan cinta sejati dan nyata.

Opal adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Oktober.


Sumber: GemSelect

Related Posts by Categories



1 comments:

Allen Briant said...

Gan mohon pencerahannya,kalimaya jepang pa da yg masakan?

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger