Gold Plating

penyepuhan emas, gold plating
Gold plating atau penyepuhan emas adalah metode memberikan lapisan tipis emas ke permukaan logam lain, biasanya tembaga atau perak, dengan menggunakan bahan kimia.

Gold Plating adalah proses elektrik (elektrokimia) yang merupakan proses perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Proses ini melibatkan elektroda (logam-logam yang dihubungkan dengan sumber listrik) dan elektrolit (cairan tempat logam-logam tadi dicelupkan).

Secara tradisional proses penyepuhan menggunakan emas 24 karat. Penyepuhan dilakukan pertama-tama dengan merendam logam (perak) di dalam air panas yang sebelumnya dibubuhi potasium, kemudian, logam dicuci dengan buah lerak dan disikat dengan seksama. Setelah benar-benar bersih, perhiasan dicelupkan dalam larutan potas dan emas yang dipanasi.
Untuk membuat larutan sepuh, emas dikaitkan pada kawat tembaga yang disambungkan pada kutub positif aki kering. Logam yang disepuh dikaitkan pada kawat tembaga pada sambungan kutub lain. Untuk meratakan lapisan, perhiasan digoyang-goyangkan beberapa kali.

Penyepuhan perak oleh emas digunakan dalam pembuatan perhiasan. Namun, karena atom perak berdifusi ke lapisan emas, lambat laun akan memudarkan warnanya dan akhirnya menodai lapisan permukaan. Proses ini dapat berlangsung berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun, tergantung pada ketebalan lapisan emas. Sebuah "penghalang" berupa lapisan logam digunakan untuk melawan efek ini. Tembaga, yang juga dapat bermigrasi menjadi emas, kecepatannya jauh lebih lambat daripada perak. Tembaga lebih jauh lagi disepuh dengan nikel, sehingga perak berlapis emas biasanya merupakan perak yang di-substrat dengan lapisan tembaga dan nikel, dan emas berada pada lapisan paling atas.

Isu Lingkungan

Isu lingkungan yang menuntut penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, mengarahkan pengembangan produk dengan limbah sekecil mungkin. Penerapan produksi bersih dapat meningkatan efisiensi dan produktivitas dengan prinsip pencegahan (elimination), pengurangan (reduce), pakai ulang (reuse), daur ulang (recycle) dan pungut ulang (recovery) bahan-bahan yang dipakai pada industri elektroplating.


Sumber:
- Wikipedia
- Koran Anak Indonesia
- Suara Merdeka

Related Posts by Categories



1 comments:

farah cantik said...

Info menarik dan bermanfaat. Jika kamu tertarik untuk mengetahui Model PerhiasanTerbaru, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan. Dan jika kamu ingin membuat kalung nama, silakan kamu KLIK DISINI>>Kalung Nama

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger