Amethyst, Warna Untuk Para Raja

amethyst
• Batu kelahiran February
• Batu permata warna ungu
• Kepercayaan mistis: meningkatkan kecerdasan, kedamaian, dan menjaga dari pengaruh alkohol

Batu amethyst atau kecubung merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu ini merupakan batu kelahiran bagi seseorang yang lahir di bulan Februari, biasanya berwarna ungu sampai merah muda.
Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh para raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki perhiasan yang terbuat dari batu amethyst.

Amethyst tersebar luas sehingga mudah ditemukan dimana pun. Andaikata batu ini langka, amethyst pasti akan sangat mahal.

Kata "amethyst” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti "jangan mabuk". Istilah ini mungkin berhubungan dengan kepercayaan Yunani bahwa amethyst akan menghindarkan efek alkohol, namun yang paling mungkin adalah mereka ingin menyebutkan bahwa warna batu ini hampir sama dengan warna minuman anggur. Sebagai batu kuarsa, batu amethyst sangat populer warnanya dan juga bentuk kristalnya yang indah, menampilkan suatu bentuk yang cantik, ungu, dan berkilauan. Meskipun yang ungu itu hampir pasti adalah amethyst, namun jangkauan nuansa warna ungunya cukup luas, dari ungu pucat ke ungu tebal.

Namun, amethyst tidak sama di mana-mana. Daerah atau tambang yang berbeda akan menghasilkan batu amethyst yang unik. Ahli permata sering dapat mengidentifikasi dari tambang mana batu amethyst berasal.

Batu amethyst ditambang di Brazil, Uruguay, Bolivia dan Argentina, serta di Zambia, Namibia dan negara-negara Afrika lainnya. Batu amethyst gelap dalam skala kecil juga ditambang di Australia. Namun, batu amethyst yang dianggap paling bagus adalah varietas Siberia (Rusia) atau sering disebut amethyst Uralian.

Umumnya, amethyst Amerika Selatan cenderung datang dalam ukuran lebih besar daripada batu amethyst Afrika. Namun varietas Afrika memiliki reputasi karena memiliki intensitas warna yang lebih mendalam dan dianggap lebih berharga. Versi Afrika juga lebih sulit didapat daripada yang ditambang di Amerika Selatan. Sebagian besar batu amethyst yang ada di pasaran saat ini berasal dari Brasil.

Batu amethyst terbaik dan paling berharga sangat jernih, dengan warna yang sangat dalam (kadang-kadang menunjukkan kemerahan atau naik overtone). Namun, batu yang memiliki warna sangat jenuh akan mengalami efek blackout (terdapat daerah kehitaman di sekitarnya) yang akan mengurangi nilainya.

Amethyst tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan yang paling umum adalah dalam bentuk potongan-potongan yang indah. Batu yang besar masih memungkinkan untuk dijual, namun umumnya akan dipotong dalam dimensi standar. Kadang-kadang, batu amethyst dikombinasikan dengan batu citrine menjadi sebuah batu yang disebut ametrine.

Batu amethyst menempati peringkat 7 pada skala Mohs, yang berarti cukup tahan lama untuk dipakai sehari-hari. Namun, harus berhati-hati untuk tidak membiarkan permata ini terkena sinar matahari berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan pudarnya warna.

Sumber: www.jewelry.com, Gambar by shaysjewelers.com

Related Posts by Categories



3 comments:

Anonymous said...

kalau di Indonesia, dimana bisa mendpatkan batu amethys dg mudah?

thanks

in said...

I bought an Amethyst ring in Thailand (Pattaya Gems Factory) 2 months ago, it's very beautiful...love it!

Gharnya said...

@in: could you please share your beautiful ring?

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger