Onyx, Si Hitam Yang Halus dan Eksotis

onyx
Dikenal secara umum sebagai batu ulang tahun perkawinan kesepuluh, onyx hitam tampak elegan sebagai perhiasan. Onyx adalah salah satu varietas Chalcedony atau Agate, yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai "kuku jari atau cakar". Datang dalam berbagai variasi warna: cokelat, putih, abu-abu dan hitam, yang tampak paling menakjubkan adalah onyx hitam. Pada dasarnya ini adalah Agate yang dicelup untuk mendapatkan warna hitam. Secara tradisional digunakan untuk latar belakang suatu ukiran, dan akan sering ditemukan sebagai latar belakang perhiasan yang mengkilap karena teksturnya yang sangat halus.

Sardonyx adalah onyx yang memiliki pita warna putih atau hitam atau cokelat, namun bukan batu onyx yang diwarnai hitam.

Batu Onyx yang paling umum tersedia di seluruh dunia adalah Batu Onyx hitam. Batu ini ditambang di banyak negara termasuk Brasil, Meksiko, Inggris, Pakistan, Uruguay, India dan California. Merupakan jenis mikrokristalin silikon dioksida, batu ini memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Bobot berkisar antara 2,65 ke 2.66. indeks bias 1,543-1,552 hingga 1,545-1.554. Tanda-tanda optik positif dengan karakter optik uni aksial.

Keantikan batu onyx sebagai sebuah batu diperoleh dari proses celup untuk memperbaiki warna dan tekstur. Pencelupan adalah proses untuk mengubah warna permata dengan mencelupkannya ke dalam larutan berwarnba, yang memungkinkan pewarna menembusnya melalui celah patahan yang ada dalam batu. Onyx hitam pertama kali dibuat 4000 tahun yang lalu pada masa peradaban Harappan. Seseorang bahkan dapat membuat warna onyx hitam sendiri dengan mencelupkan Agate ke dalam larutan madu dan air gula di atas api kecil selama beberapa hari. Pori-pori akan menyerap cairan dan gula, yang dalam bentuk karamel saat dipanaskan akan berwarna cokelat tua. Jika batu-batu ini selanjutnya dimasukkan ke dalam asam sulfat akan mengkarbonisasi gula onyx menghasilkan warna hitam. Metode ini digunakan sejak lama dan menghasilkan hasil permanen. Sebagian besar batu Agate hitam yang diproduksi secara komersial dipanaskan dan dicelup secara permanen untuk meningkatkan kedalaman warna hitam dan membuatnya eksotis. Onyx alam sangat jarang ditemukan. Pewarna yang digunakan dalam proses sangat stabil dan orang harus berhati-hati saat membersihkannya untuk menghindari warnanya terangkat atau menumpulkan batu. Iradiasi merupakan proses lain yang digunakan untuk menghasilkan warna yang berbeda.

Black Onyx sangat mudah tergores apabila tidak ditangani dengan hati-hati meskipun mudah untuk membersihkan batu dengan menggunakan polish perhiasan komersial. Setelah memolis, potongan harus dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan kain lembut. Setetes minyak zaitun (Olive) dapat menghasilkan sinaran yang indah pada batu. Bilas air putih juga dapat membersihkan kotoran tapi jangan pernah merendam batu karena dapat memudarkan celupannya. Hindarkan dua batu ada bersama-sama untuk menghindari gesekan. Sangat bagus untuk menghindari panas, cahaya atau bahan kimia yang berlebihan untuk memperpanjang daya tahan batu.

Dipercaya secara luas bahwa onyx hitam dapat mengubah kebiasaan Anda yang tidak menentu, baik jika digunakan dengan iman. Hal ini dianggap sebagai Salah satu batu perlindungan yang kuat karena menyerap energi negatif orang-orang untuk melepaskan ketegangan jiwa dan mempromosikan kesejahteraan emosional. Onyx hitam dikaitkan dengan planet Saturnus, yang akan membawa getaran positif bagi mereka yang lahir dalam naungan planet Saturnus. Dalam tradisi India dikatakan dapat membantu orang untuk melupakan hubungan masa lalu mereka dan membawa orang selaras dengan masa kini. Sangat umum menemukan rosario yang terbuat dari batu Agate hitam, yang diyakini memiliki manfaat pengobatan.

Batu onyx hitam yang terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran. Sementara membeli, periksa permukaan halus seperti marmer. Batu seharusnya tidak mempunyai goresan atau penyok. Onyx hitam kadang-kadang sering sukar dibedakan dengan Jade (batu giok) hitam, Chalcedony hitam, berlian hitam, kaca atau plastik. Perhiasan onyx hitam terlihat benar-benar indah bila disatukan dengan batu seperti mutiara.

Sumber: Jewelinfo4u.com

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger