Mengenal Blue Topaz

Blue Topaz
Blue topaz merupakan batu kelahiran Desember, dan juga merupakan batu permata yang dianjurkan bagi pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan keempat, kesembilan belas, atau kedua puluh tiga.

Blue topaz telah menjadi salah satu batu permata yang saat ini paling populer di pasaran, karena kejernihannya, ketahanan, ketersediaan dan biayanya yang terjangkau. Namun saat ini topaz jarang ditemukan di alam, sehingga batu ini seringkali diciptakan secara buatan melalui kombinasi perlakuan panas dan iradiasi.

Topaz adalah salah satu dari mineral pegmatite yang terkenal seperti halnya beryl dan turmalin. Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

Blue topaz memiliki warna seragam yang pasti, mulai dari warna biru langit hingga biru Swiss. Kadangkala batu ini dibingungkan dengan batu aquamarine yang lebih mahal. Namun aquamarine kadang-kadang berwarna biru kehijauan atau hijau kebiruan, sedangkan blue topaz akan selalu tampak biru atau abu-abu kebiruan. Satu-satunya pengecualian adalah untuk topaz jenis "permukaan disempurnakan", suatu proses yang diperkenalkan pada tahun 1998 untuk meningkatkan penampilan batu dan menghasilkan warna biru hingga biru kehijauan hingga hijau zamrud.

Kebanyakan blue topaz pada awalnya diperoleh dalam keadaan tidak berwarna atau berwarna sedikit, dari tempat-tempat seperti Brasil, Meksiko, Nigeria, Sri Lanka dan Cina. Kemudian diradiasi untuk mendorong perubahan warna dan dipanaskan untuk menstabilkan perubahan. Untuk mendapatkan warna biru yang dalam, para treater menggunakan bantuan penembak neutron sebelum memasarkan produk ini. Penembakan neutron adalah satu-satunya sarana untuk menghasilkan batu yang lebih kecil dengan warna yang mendalam. Meskipun batu mendapatkan iradiasi, para ahli mengatakan hal itu tidak menimbulkan bahaya kesehatan apa pun untuk si pemakai.

Selain biru, batu ini datang dalam berbagai warna, termasuk kuning keemasan, kuning oranye, oranye kemerahan, merah sherry (anggur), merah muda yang mendalam, coklat madu, hijau terang, dan banyak nuansa di sekitar warna-warna tersebut.

Dengan peringkat "8" pada skala Mohs kekerasan, topaz biru ini sangat kuat dan tahan lama dan cocok untuk dipakai sehari-hari. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

Kegunaan atau manfaat

Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

Topaz dianggap memiliki tenaga penyembuhan. Menurut legenda, batu ini dapat memperbaiki penglihatan. Orang Yunani kuno percaya bahwa mereka memiliki tenaga untuk meningkatkan kekuatan dan membuat pemakainya tidak terlihat pada saat-saat yang genting. Topaz juga dikatakan mampu berubah warna di hadapan makanan atau minuman beracun. Budaya yang berbeda percaya bahwa batu ini bisa menyembuhkan insomnia, asma dan perdarahan; membawa persahabatan; mempromosikan kesabaran dan watak yang menyenangkan, dan menjamin kesetiaan. Juga merupakan simbol cinta dan kasih sayang dan bahkan dianggap dapat mencegah kematian mendadak.

Tips Menentukan Kualitas Topaz

Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan) di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.


Sumber: http://www.jewelry.com; http://elevenmillion.blogspot.com

Related Posts by Categories



3 comments:

Dewi Dewi said...

Batu Mulia sekarang memang menjadi tren, banyak orang yang
mulai berminat. Termasuk juga
Batu Topas
dan batu junjung drajat Apalagi
berjenis batu
bertuah
.

Batu Aura said...

Khasiat Batu Agate

Khasiat Batu Aquamarine

Khasiat Batu Bacan

Khasiat Batu Garnet

Khasiat Batu Merah

Khasiat Batu Fosil

Khasiat Batu Giok

Khasiat Batu Kalimaya

Khasiat Batu Black
Opal


Khasiat Batu Kecubung

Khasiat Batu Labrador

Khasiat Batu Lapis Lazuli

Khasiat Batu Onyx

Khasiat Batu Pirus

Khasiat Batu Ruby

Khasiat Batu Sunstone

Khasiat Batu Tiger Eye

Khasiat Batu Topaz

Khasiat Batu Zamrud

Khasiat Batu Bloodstone

silvimargaret said...

Numpang ya bossku ^^
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM
HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger