Investasi Emas Sama dengan Investasi Perhiasan Emas?

Orangtua kerap kali menyarankan untuk kita menginvestasikan harta dalam bentuk "emas". Konon, emas memiliki nilai tukar yang tak pernah turun drastis. Bisa dipastikan lebih aman dan lebih menguntungkan ketimbang menyimpan uang dalam bentuk tabungan yang selalu dipotong administrasi. Apakah ini berarti kita harus menarik seluruh tabungan kita dan membeli bejibun perhiasan emas

Freddy Pieloor, CFP Finansia Consulting menyatakan, memang nasihat orangtua mengenai hal ini benar. Namun, perlu diketahui bahwa emas yang dimaksud adalah dalam bentuk Logam Mulia (LM) dan bukan dalam bentuk perhiasan. LM atau emas batangan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Bahkan ada yang 1 kg.

Ia tidak menyarankan untuk berinvestasi dalam emas perhiasan seperti gelang, cincin, anting, atau liontin. Mengapa? Karena Anda akan dibebani dengan ongkos pembuatan, dan saat menjual kembali ongkos tersebut tidak diperhitungkan (atau dihilangkan). Jadi Anda akan rugi dalam ongkos pembuatan.

Bila Anda ingin memakai emas sebagai perhiasan sekaligus berinvestasi, cukuplah Anda memiliki 2 set perhiasan yang bisa Anda pakai untuk harian dan momen pesta. Selebihnya lebih baik Anda investasikan di LM.

Anda bisa mencari informasi tentang harga dan tempat beli emas di www.logammulia.com atau kunjungi toko emas kesayangan Anda. Pastikan saat membeli LM, Anda mendapatkan sertifikat ANTAM dan kuitansi pembelian dari toko tersebut.

LM dapat mempertahankan nilai uang Anda karena hampir selalu mengalahkan angka inflasi. Selamat bercocok tanam di logam mulia!


(Freddy Pieloor, CFP, Finansia Consulting/CHIC)

Sumber berita: Kompas Female

Related Posts by Categories



1 comments:

Blogger said...

Quantum Binary Signals

Professional trading signals delivered to your mobile phone daily.

Start following our signals NOW and profit up to 270% per day.

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger