Transaksi Perhiasan Emas Di Hari Galungan

Pada tanggal 14 Oktober 2009, umat Hindu di Bali merayakan Hari Raya Galungan. Hari raya yang jatuh pada Rabu Kliwon Dungulan (penanggalan Bali) ini adalah hari memperingati terciptanya alam semesta beserta isinya dan kemenangan dharma melawan adharma. Umat Hindu melakukan persembahan kehadapan Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara/dengan segala manisfestasinya sebagai tanda puji syukur atas rahmatnya serta untuk keselamatan selanjutnya.

Menjelang Hari Raya Galungan ini transaksi jual-beli perhiasan emas cukup besar. Aksi jual beli tak hanya terjadi di toko, namun juga di pengecer.

Saat ini masyarakat bukan saja mengejar perhiasan di sejumlah pasar seni maupun sentra-sentra penjualan emas di kota, namun ada juga yang lebih suka datang langsung ke perajin untuk mendapatkan harga relatif lebih murah.

Contohnya di Gianyar. Saat ini harga emas relatif mahal, rata-rata untuk kadar 23 atau 91 persen masih bertengger di Rp 300.000 – Rp 320.000 per gram. Kondisi ini tak menyurutkan konsumen membelinya. Terbukti, menjelang Galungan ini, rata-rata transaksi dari hari ke hari cenderung mengalami peningkatan. Pembelinya konsumen lokal. Kebanyakan yang dicari konsumen lokal adalah perhiasan rantai plus bandongnya, cincin, dan lainnya.

Untuk aksi jual juga tak kalah banyak. Alasan konsumen menjual perhiasannya, ada yang tukar tambah, untuk mendapatkan perhiasan baru, ada juga dengan tujuan menguangkan untuk keperluan hari raya. Rata-rata sehari transaksi dari hasil jual perhiasan konsumen mencapai Rp 4- Rp 6 jutaan.

Lain di Gianyar, lain pula di Denpasar. Pengusaha emas dan perhiasan di Denpasar mengeluhkan sepinya transaksi menjelang hari raya Galungan, yang akhirnya menekan omzet penjualan rata-rata 50% per hari.

Dari hasil pantauan di sejumlah toko perhiasan di Denpasar, meroketnya harga emas belakangan ini, telah membawa dampak pada berkurangnya pembeli.

Bahkan dampak itu terus berlanjut hingga menjelang hari raya Galungan, karena meski animo masyarakat untuk membeli emas mulai meningkat, namun tranksaksinya sepi dibandingkan hari raya Galungan tahun lalu.

"Animo masyarakat untuk membeli emas sudah meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Namun transaksinya menurun dibandingkan Galungan tahun lalu, ini juga karena pengaruh naiknya harga emas," kata satu penjaga toko perhasan.


Sumber: Wikipedia Indonesia, Bisnis Bali, Bisnis.Com

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger