Perak Bakar, Perak Hitam Klasik


Masyarakat sering mendengar dan juga sering mengucapkan kata ini: “Perak Bakar”. Aksesoris ini belakangan sangat banyak dicari penggemar perhiasan. Jenis kerajinan perak ini berwarna hitam seperti bekas dibakar sehingga banyak orang menyebutnya perak bakar. Ini adalah salah kaprah yang ada di masyarakat kita. Bahkan orang asing pun (orang Belanda) sering menyebutnya “ Gebrant Zilver ”, yang artinya juga perak bakar. Sama-sama salah kaprah..

Perak bakar bukanlah perak yang dibakar hingga gosong. Perak bakar dan perak putih yang mengkilap itu sama saja.

Sebenarnya perak yang hitam itu bukan karena proses pembakaran melainkan sengaja dibuat hitam dengan campuran bahan kimia yang berbahan dasar Sulfur/belerang. Dikalangan pengerajin perak, istilahnya adalah di-oxide. Karena sebenarnya semua jenis kerajinan perak baik yang hitam ataupun yang putih mengkilap mengalami proses pembakaran yaitu proses pemanasan ataupun pematrian sehingga di sini jelas sekali kalau proses pembakaran tidak ditujukan untuk membuat perak menjadi hitam.

Selain warnanya yang menarik, perak jenis ini diminati karena lebih tahan lama dan terkesan sangat klasik. Selain itu, bentuknya yang simple dan tidak glamor menjadikan perak bakar dapat digunakan pada tempat dan waktu kapan saja.

Related Posts by Categories



3 comments:

Anonymous said...

Dimana saya beisa beli perak bakar bali di Jakarta? saya suka sekali dengan motif ukir model Celtic.. trims banyak

Gharnya said...

Silakan sampaikan alamat email Anda, kami bisa kirimkan katalognya. Dua pekan ke depan kami mengikuti pameran di Jakarta, jadi mohon berikan detailnya ya...

Anonymous said...

Artikel informatif sekali. Jadi itu kenapa perak bakar jauh lebih murah daripada perak murni ya? Karena ada campuran sulfurnya (proses oksidasi)?

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger