Berkunjung ke Kotagede

perak kotagede jogja
Akhir tahun 2009 yang lalu, Gharnya melakukan kunjungan ke kota wisata Jogjakarta. Selain menikmati keindahan daerah wisata kedua di Indonesia ini, tentu saja tidak dilupakan mengunjungi sentra industri kerajinan perak, Kotagede.
Banyak pengalaman yang kami dapatkan dari kunjungan tersebut.
Namun, artikel ini bukanlah tulisan tentang pengalaman kami berkunjung ke sana. Semua yang tertulis di artikel ini kami ambil dari artikel seorang teman blogger yang lain (linknya kami tuliskan di bagian bawah artikel), yang kami rasa sudah cukup mewakili pengalaman kami di Kotagede.


Kotagede, Kota Perak


Kotagede identik dengan perak sehingga dijuluki Kota Perak. Memang sejak dahulu bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam ini terkenal dengan kerajinan peraknya. Bahkan kerajinan perak Kotagede juga menembus pasar mancanegara.

kotagede
Ratusan warga Kotagede mengantungkan hidupnya dari kerajinan ini. Lihat saja, di sepanjang jalan utama di wilayah yang terletak 7 km arah tenggara pusat Kota Yogyakarta ini berjajar toko-toko yang menjajakan kerajinaan perak. Kata ‘perak’ dan ’silver’ tertera di kanan-kiri Jalan Kemasan, Jalan Mondorakan, hingga Jalan Tegalgendu.

Sebelum tahun 1990-an hanya pengusaha perak yang beromset besar saja yang membuka showroom-nya, seperti Tom Silver, MD Silver, HS Silver, Narti Silver dan sebagainya. Namun menginjak pertengahan dekade 90-an, pengusaha kecil dan menengah mulai meramaikan bisnis perak ini. Banyak diantaranya yang sebelumnya bekerja sebagai pengrajin perak di perusahaan besar.

Pengrajin perak di Kotagede terkenal dengan produknya yang unik, halus dan telaten dalam menggarap produk peraknya sehingga menghasilkan karya seni bernilai tinggi. Ratusan jenis kerarijinan perak dihasilkan, mulai dari cincin, giwang, bros, miniatur sepeda, becak, andhong, kapal-kapalan dan berbagai hiasan lainnya.

perak jogjaHarga jual kerajinan perak Kotagede bervariasi, mulai yang termurah bros rata-rata Rp 10 ribu, cincin perak mulai harga Rp 100 ribu, miniatur becak Rp 250 ribu, miniatur andhong Rp 200 ribu. Bahkan ada yang harganya mencapai puluhan juta rupiah tergantung tingkat kerumitan dan banyaknya bahan baku yang digunakan.

Sekedar tips bila ingin membeli kerajinan perak di sini, jangan keburu membeli di satu toko bandingkan dulu dengan harga toko lainnya. Mungkin anda bisa mendapatkan harga yang lebih hemat.


Terima kasih untuk rekan blogger, MyCityBlogging, atas artikelnya.

Related Posts by Categories



4 comments:

Silver said...

Untuk info mengenai kerajinan perak bisa berkunjung ke toko online kami di www.perakjogja.com

perak jogja said...

Blog-nya bagus, informasinya banyak.. sukses deh buat wariga silver.. salam kenal dari jogja

Gharnya said...

Salam kenal juga.. Terima kasih banyak telah berkunjung

farah cantik said...

Informasi menarik. Saat ini, banyak sekali batu akik yang dijadikan Perhiasan Cantik agar bisa tampak modis dan percaya diri. Baik itu perhiasan cincin maupun liontin kalung. Jika Anda ingin melihat model perhiasan batu akik terbaru, silakan KLIK DISINI>> perhiasan. Dan jika Anda ingin membuat membuat Perhiasan Nama, seperti Kalung Nama, Gelang Nama, cincin nama, silakan Anda KLIK DISINI>> Kalung Nama.

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger