Perhiasan Indonesia Sukses pada Pameran Perhiasan Vicenza Oro Choice Italia

Perhiasan Indonesia yang dipamerkan pada Pameran perhiasan Vicenza Oro Choice Italia menorehkan sukses besar dengan hasil transaksi dagang selama pameran mencapai € 182.886, atau sekitar Rp. 2,6 miliar. Disamping itu, tercatat pula sejumlah komitmen pembeli yang akan mengirimkan disain pesanan perhiasan kepada pengusaha Indonesia dan merencanakan untuk meninjau bengkel kerja pengrajin di Indonesia. Dari pengamatan terhadap minat dan komentar para pengunjung pameran, produk perhiasan mutiara air laut dari perairan Lombok dinilai lebih bagus kualitasnya dibandingkan produk mutiara dari China yang dibudidayakan di air tawar. Menurut mereka perhiasan mutiara Indonesia lebih cocok terutama untuk dikombinasikan dengan batu permata seperti berlian

Permintaan atas custom jewellery Indonesia juga tidak kalah bersaing di pasar Eropa, seperti terlihat dari besarnya nilai kontrak penjualan perusahaan Karga Kreasindo - Solo dengan wholesaler Gino Srl, Verona Italia yang mencapai € 60.000,- untuk jenis perhiasan mutiara kombinasi berlian. Gino Srl, Verona Italia memiliki jaringan 32 gerai (outlet) di Italia dan Yunani. Karga Kreasindo akan mengirim pesanan secara bertahap hingga Januari 2010. Selain itu, perusahaan Ghana Export, Bali juga akan menjalin bisnis dengan pengusaha Polandia yang memiliki jaringan pemasaran perhiasan di negaranya untuk mengisi museum patung para raja yang terbuat dari perhiasan perak dikombinasikan dengan kayu mahagoni.

12 pengusaha dan perancang perhiasan Indonesia yang berasal dari Jakarta, Bogor, Solo, Semarang, Bali dan Lombok turut serta dalam pameran berskala internasional ini dengan fasilitasi dari KBRI Roma bekerjasama dengan BPEN, Depdag di kota Vicenza, Italia, 12-16 September 2009.
Pameran Vicenza Oro Choice Italia diikuti oleh 1.333 peserta dan menggunakan lahan tidak kurang dari 23.000 m2, terdiri dari 993 pengusaha perhiasan Italia dan 340 pengusaha dari berbagai negara. Pengunjung pameran tercatat lebih dari 17.000 orang berasal dari kalangan terbatas, umumnya dari Italia dan negara-negara Eropa lainnya yang memiliki butik perhiasan, toko, gerai maupun wholesaler dengan jaringan luas. Pameran perhiasan yang selektif ini sangat mementingkan kualitas, disain, nuansa seni dan warna, inovasi dan kreatifitas, sesuai dengan selera mutakhir pasar perhiasan dunia, terutama di Eropa.

Stand Indonesia yang menempati lahan sekitar 120 m2 menampilkan berbagai jenis perhiasan kelas dunia dengan disain eksotik, berlatar belakang budaya khas Indonesia dan umumnya diproduksi secara manual, seperti custom jewellery dan fine jewellery dari bahan baku emas, perak, batu permata, mutiara, kerang-kerangan, kombinasi kayu, yang dirancang oleh para disainer perhiasan serta produsen eksportir perhiasan terkemuka Indonesia.

Presiden Fiera Di Vicenza (Vicenza Fair), Mr Dino Menarin dalam sambutan pembukaan pameran yang dihadiri antara lain oleh Walikota Vicenza, Wakil Menteri Ekonomi Italia dan Dubes RI untuk Italia Mohamad Oemar, menyampaikan penghargaan khusus atas dukungan dan keikutsertaan Indonesia. Dinyatakan pula bahwa produk-produk perhiasan Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk-produk sejenis dari berbagai negara. Untuk itu, Indonesia diharapkan untuk tetap hadir dalam Vicenza Oro Choice Italia pada tahun-tahun yang akan datang. Meskipun resesi ekonomi dunia mempengaruhi konsumsi perhiasan, namun perhiasan khususnya emas tetap merupakan benda berharga untuk investasi. Perhiasan-perhiasan bermutu dan berkelas dunia tetap banyak diminati konsumen.

Italia merupakan eksportir perhiasan terbesar kedua di kawasan Uni Eropa setelah Belgia dan importir ketiga setelah Inggris dan Perancis. Berdasarkan data statistik Italia (Istat) tahun 2008, Indonesia menduduki peringkat ke 30 negara pengekspor produk perhiasan ke Italia dengan pangsa pasar sebesar 0.26% dan nilai ekspor sebesar US$ 23.283,27 ribu. Nilai tersebut naik cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni US$ 15.878,43 ribu (2007) dan US$ 8.626,20 ribu (2006). (Sumber: KBRI Roma)

Related Posts by Categories



1 comments:

Blogger said...

QUANTUM BINARY SIGNALS

Get professional trading signals delivered to your cell phone every day.

Start following our trades NOW & make up to 270% per day.

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger