Peridot, si Hijau Yang Mengesankan

batu peridot

Peridot adalah salah satu dari sebagian kecil batu permata yang memiliki satu warna: hijau olive. Batu ini berasal dari mineral “olivine”, salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia, dan merupakan satu-satunya batu yang ditemukan di meteorit. Intensitas warna hijaunya sering kali tergantung dari seberapa banyak kandungan besi di dalam struktur kristalnya, sehingga warna batu peridot secara individual bisa berbeda-beda dari kuning-hijau, hijau olive, hingga hijau kecoklatan. Yang paling banyak dicari adalah peridot yang berwarna hijau olive gelap.

Batu peridot termasuk batu yang tidak terlalu keras dan bisa retak jika terbentur. Namun batu ini cocok untuk dijadikan batu perhiasan yang dipakai sehari-hari untuk acara formal ataupun kasual dan salah satu alasannya karena batu peridot ini tidak terlalu berat.

Batu peridot adalah batu kelahiran untuk bulan Agustus.

Kadangkala batu ini sering kali disalahartikan sebagai batu zamrud. Itu berarti, istilah zamrud katulistiwa selama ini sama artinya dengan peridot katulistiwa (?)

Ada banyak kepercayaan tentang manfaat batu ini. Batu peridot dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain digunakan sebagai batu “hoki” dan dipercaya mampu mengusir hawa-hawa negatif, bisa menyembuhkan penyakit asma, membawa ketenangan dan kedamaian pada si pemilik dan jika meminum obat dari gelas yang terbuat dari batu peridot tersebut akan meningkatkan daya kemanjuran obat.

Peridot dipercaya dapat membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress.

Related Posts by Categories



1 comments:

galih jati said...

Batu peridot ini sangat cantik sekali, Ijonya cerah cakep!

Post a Comment

Copyright © 2008 - Dunia Perhiasan - is proudly powered by Blogger